Aspek yang dinilai untuk Skill:
Berlatih membuat analisa, evaluasi dan mencipta atau untuk berlatih menjadi pemikir yang kritis dan kreatif.
Komunikasi (Communication)
Siswa berlatih untuk memahami ide dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan bahasa yang sesuai dan sikap yang membuat orang lain menghargai idenya.
Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Siswa berlatih untuk menemukan cara-cara menyelesaikan masalah.
Pengaturan Diri (Self Management)
Siswa berlatih untuk dapat mengelola kegiatan, kebutuhan diri sendiri agar dapat menjadi manusia yang efektif dan efisien.
Kepribadian (Intra Personal)
Mengenali kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan mengelolanya agar berdampak positif bagi sesama.
Penelitian (Reasearch)
Siswa mengembangkan keterampilan untuk menentukan eksplorasi, mengumpulkan data, mengambil kesimpulan, menentukan pilihan, peluang untuk menentukan langkah lebih lanjut.
Teknologi informasi dan komunikai (ICT)
Mengembangkan keterampilan menggunakan ICT untuk mendukung skill yang lain.
Sosial (Social)
Siswa terampil untuk berada dalam lingkungan orang berbeda dengan perilaku yang dapat diterima.
Kerjasama (Collaboration)
Siswa dapat berperan secara aktif dalam kerja kelompok untuk mencapai hasil yang sudah disepakati.
Kepemimpinan (Leader Ship)
Siswa mengembangkan keterampilan untuk melihat peluang dan menterjemahkan ke rencana dan dapat mempengaruhi, mengajak orang lain untuk merealisasikannya.
Perencanaan Entrepreneur (Entreprenerial Planning)
Siswa mengembangkan keterampilan untuk membuat perencanaan program yang memiliki keunikan dan nilai tambah tertentu berdasarkan data dan kebutuhan kelompok target.
Komunikasi Entrepreneur (Entreprenerial Communication)
Siswa mengembangkan keterampilan untuk membuat langkah dan prosedur marketing dengan tetap menjaga kesadaran tentang etika menghargai pelanggan.
Penilaian Entrepreneur (Entreprenerial Evaluation)
Siswa mengembangkan keterampilan untuk melakukan evaluasi untuk menentukan langkah berikutnya.
Aspek yang dinilai untuk Karakter Development
Keutuhan (Integrity)
Memiliki sikap ketulusan dan kejujuran dalam belajar yang dilandasi nilai-nilai dan direfleksikan dalam berpendapat, bertindak dan berinteraksi.
Kemandirian (Independence)
Mempunyai kemauan dan kemampuan untuk memberikan kontribusi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh tim.
Empati (Respect)
Menunjukan rasa menghargai pada orang lain atau ide-ide gagasan pada orang lain.
Antusias (Enthusiasm)
Menunjukan rasa semangat yang konsisten dengan disertai tindakan inisiatif untuk menyelesaikan tugas dengan hasil yang optimal sesuai dengan waktu dan target yang telah disepakati.
Keingintahuan (Curiousity)
Menunjukan rasa ingin tahu terhadap ide-ide baru dan mencari cara-cara baru yang mungkin tidak atau belum biasa.
Kreatif (Creativity)
Menunjukan cara berfikir original, elaboratif, dan melihat atau mencari cara-cara baru dengan memperhatikan dan mempertimbangkan dari berbagai segi dan kemungkinan.
Pengendalian Diri (Control)
Dapat mengelola emosi, perasaan dan perilaku sehingga tidak mengganggu orang lain serta taat kepada kesepakatan-kesepakatan.
Tanggung Jawab (Responsibility)
Melakukan tugas dan pekerjaan sesuai dengan waktu, penggunaan resources dan prosedur yang telah disepakati serta mempunyai sense berbagi dengan orang lain.
Penguasaan Diri (Self-direction)
Dapat menentukan dan mengenali kekuatan dan kelemahan serta menentukan target-target yang akan dilakukan.
Tenggang Rasa (Tolerance)
Dapat memahami apa yang dilakukan oleh orang lain walaupun dia tidak sependapat.
Kepedulian (Caring)
Menunjukan cara berfikir dan bertindak yang membuat orang lain, lingkungan dan benda dapat aman dan berfungsi optimal.
Ketegasan (Assertiveness)
Mempunyai inisiatif untuk menggungkapan ide dan melakukan sesuatu karena ada kesempatan untuk bertindak dan menghindari perilaku menunggu orang lain mengerjakan.
Meyakinkan Orang Lain (Persuasiveness)
Meminta orang lain untuk menerima saran atau ide dengan cara yang mendorong target untuk mengambil tindakan berdasarkan pertimbangan yang diberikan.
Daya Tahan (Endurance)
Mempunyai ketahanan dan konsistensi untuk menyelesaikan target kerja berdasarkan waktu dan prosedur yang disepakati.
Produktifitas Diri (Self Productivity)
Mempunyai kebiasaan untuk menghasilkan ide/gagasan dan bekerja berdasarkan dorongan dari diri sendiri dan hasilnya dapat diterima oleh orang lain.
PENGHITUNGAN NILAI BUKU RAPOR
Semester I
70 % Nilai rata-rata Formatif + 30 % Nilai Sumatif (Ulangan Umum)
Penilaian Formatif :
Untuk menilai pencapaian 1 (satu) atau lebih kompetensi atau hasil belajar. Penilaian terdiri dari nilai Skill, karakter, ulangan dan tugas.
Penilaian Sumatif :
Untuk menilai pencapaian beberapa kompetensi atau hasil belajar dalam kurun waktu tertentu.
Semester II
70 % Nilai rata-rata Formatif + 30 % Nilai Sumatif (Ulangan Umum)
Ulangan umum untuk menilai pencapaian kompetensi atau hasil belajar selama 1 (satu) tahun ajaran dan dilakukan hanya pada semester 2 (dua)
Materi Ulangan umum :
30% bahan semester I dan 70 % bahan semester II.
Contoh :
Nilai rata-rata Formatif = 70 + 100 + 4 0+ 80 = = 72,50
Nilai Sumatif = 90
Nilai Rapor = (72, 50 x 70%) + (90 x 30%)
= 50,75 + 27
= 77,75 = 78
Program Remidial
1. Remidial diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
2. Kesempatan remidial diberikan sebanyak 2 (dua) kali. Jika remedial pertama tidak diikuti tanpa alasan, maka kesempatan hanya diberikan satu kali lagi.
3. Nilai remedial pertama sudah memenuhi syarat KKM, siswa tidak perlu mengikuti remedial kedua. Jika nilai remedial pertama dan dan kedua belum mencapai KKM, nilai yang dimasukkan adalah nilai yang tertinggi dari kedua remedial. Jika nilai remedial melebihi KKM, maka nilai yang diperoleh, dihargai sebesar KKM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar